Review jurnal sistem informasi ekonomi bisnis

UPAYA PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DENGAN MEMANFAATKAN E-COMMERCE

Judul : Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-commerce.
Jurnal : Sistem Informasi
Volume dan Halaman : vol.2 No.1 Hal. 159-168
Tahun : 2010
Penulis : Jaidan Jauhari
Reviewer : Haizatul Ulya
Tanggal : 29 Maret 2020
1. Tujuan penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan E-commerce. Information and communication tecnology (ICT) dan internet telah merambah ke berbagai bidang kehidupan tidak terkecuali di bidang bisnis dan perdagangan. Dengan adanya information and communication tecnology (ICT)  dan internet dengan memanfaatkan E-commerce ini dapat digunakan untuk media promosi dalam rangka meningkatkan volume penjualan baik online maupun konvensional. Penggunaan E-commerce dapat mendongkrak peningkatan volume penjualan dan mempromosikan produk-produk industri cukup tinggi. Jadi berkembangannya internet menjadi sarana yang efisien untuk membuka jalur pemasaran model baru bagi produk UKM. Disamping biayanya relatif murah dengan memanfaatkan internet penyebaran informasi akan lebih cepat dan jangkauannya lebih luas.
2. Subjek penelitian
Pemakaian teknologi informasi (IT) dalam memasarkan produk UKM telah berhasil dikembangkan oleh sejumlah negara seperti Cina, Jepang ,India . Penggunaan IT dikalangan UKM telah menghasilkan peningkatan pendapatan yang signifikan yakni 78% dari responden mengidekasikan peningkatan pendapatan akibat penggunaan IT.
3. Metode penelitian
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
4. Hasil penelitian
Dengan menggunakan E-commerce orang-orang dapat dengan mudah memasarkan produk UKM secara online. Selain itu memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Penggunaan E-commerce dalam usaha kecil dan menengah dapat mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia.
5. Kelebihan 
• memaparkan secara jelas dan lengkap permasalahan adanya penggunaan E-commerce
• penggunaan tata bahasa sesuai EYD
6. Kesimpulan
Untuk meningkatkan daya saing UKM  serta mendapatkan peluang ekspor dan peluang bisnis lainnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan (ICT), utamanya E-commerce tidak hanya memanfaatkan internet sebagai alat untuk melakukan promosi atau mencari peluang bisnis, tetapi juga harus diimbangi dengan pengelolaan administrasi yang baik melalui penggunaan software yang tepat. 

Komentar

Postingan Populer